Isu Dukun Santet Masih Ada di Wilayah Pesisir Selatan Tasik

Isu Dukun Santet Masih Ada di Wilayah Pesisir Selatan Tasik

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Susnandi, yang baru sekitar seminggu bertugas di Tasikmalaya, menemukan adanya isu dukun santet yang masih mewarnai kehidupan sehari-hari di wilayah pesisir selatan Kabupaten Tasikmalaya.
Susnandi yang sebelumnya menjadi Kapolres Poso, Sulteng, selama sekitar dua tahun ini, mengingatkan, masalah dukun santet tersebut jangan sampai dibiarkan karena dikhawatirkan akan menjadi kasus yang menjurus ke pelanggaran HAM.
"Semua pihak, mulai dari penegak hukum, pemerintah setempat serta tokoh agama dan tokoh masyarakat, harus bersama-sama menuntaskan masalah ini, agar tidak sampai memunculkan kasus pelanggaran HAM, seperti mengusir warga yang dituding sebagai dukun santet," ujarnya, di Singaparna, Kamis (15/1) petang.
Kasus pengusiran warga yang dituding sebagai dukun santet, ungkap Sunandi, terjadi di Kecamatan Cikalong, belum lama ini. Masyarakat setempat sepakat mengusirnya karena mereka merasa terancam nyawanya karena takut disantet. "Masalah seperti ini harus diselesaikan secara menyeluruh," ujarnya, seraya menyebutkan, masalah lainnya yang tak pernah padam adalah keberadaan Jemaah Ahmadiyah. Ini juga perlu penyelesaian menyeluruh tanpa ada pihak yang dirugikan.
Meski beberapa kasus sensitif harus dihadapinya selama bertugas di Tasikmalaya ke depan, namun menjawab pertanyaan wartawan, Kapolres secara berseloroh menyatakan kepindahannya ke Tasikmalaya sebagai ajang beristirahat, setelah dua tahun bertugas di daerah "panas" seperti Poso.
"Ya memang konstelasinya beda. Di sini (Tasikmalaya, Red) situasinya jauh lebih aman dan masyarakatnya pun ramah-ramah. Kalau ada masalah cukup dibawa bercanda langsung cair lagi. Kalau di Poso, setiap anggota wajib dibekali senjata, terutama laras panjang," ujarnya, seraya menyebutkan dua anggotanya gugur ditembak selama ia bertugas di Poso.
Bahkan, mobil miliknya pun rusak terkena bom yang meledak di Mapolres Poso. "Sebagai kenang-kenangan, mobil itu saya bawa pulang apa adanya sebagai kenang-kenangan selama bertugas di Poso," ungkapnya.

Related

Koran Kartika 6012840871180574148

Post a Comment

emo-but-icon

Chat

Event

Live Streaming

Free Shoutcast HostingRadio Stream Hosting

Like Box

item